KITA DIRANCANG UNTUK BERJALAN DAN BERLARI

“Olah raga yang tidak berbiaya dan menghemat biaya bensin adalah berjalan kaki.”~Djajendra

Hidup sehat adalah impian semua orang. Tidak ada seorang pun yang mau sakit. Tubuh yang sehat memberikan energi dan tenaga yang sangat banyak untuk mengisi hari-hari dengan hal-hal terbaik. Salah satu cara terbaik untuk selalu sehat dan bugar adalah berjalan kaki setiap hari. Berjalanlah paling sedikit lima kilometer per hari. Kalau belum terbiasa mulailah membiasakan untuk berjalan kaki. Tinggalkan kendaraan dan mulailah berjalan kaki untuk jarak di bawah lima kilometer.

Kita diberikan kaki untuk berjalan, jangan sampai fungsi kaki untuk berjalan kita hilangkan. Jika setiap kali keluar rumah menggunakan kendaraan bermesin, maka realitas ini telah menghilangkan fungsi kaki dan telah mengundang penyakit untuk tumbuh di dalam diri. Jangan malas untuk berjalan kaki, sebab sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan diri sendiri. Jadi, olah raga yang paling tidak berbiaya dan yang bisa menghemat biaya bensin adalah berjalan kaki.

Selain berjalan kaki mulailah berlari maraton. Berlari perlahan-lahan dan tambah jaraknya sedikit demi sedikit. Misalnya, hari pertama cukup berlari dua ratus meter maraton, seminggu kemudian ditambah menjadi empat ratus meter lari maraton, dan seterusnya ditambah sampai mampu lari 10 kilometer maraton. Jangan lupa periksa tekanan darah dan juga minta pendapat dokter Anda sebelum memulai program lari maraton.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of American College of Cardiology, menemukan bahwa olah raga maraton yang rutin dapat mengurangi usia pembuluh darah hingga empat tahun. Artinya, maraton bisa membuat Anda awet muda dan bugar setiap hari. Manfaat lain dari berjalan kaki dan maraton adalah mengurangi tekanan darah, mengurangi stres, mengurangi kekakuan otot dinding arteri, mengurangi resiko stroke, serta yang pasti membuat hati gembira dan tubuh bugar setiap saat. Jadi, mulailah berjalan dan berlari agar selalu energik dan bugar. Jangan pernah malas untuk hidup bugar dan penuh kegembiraan.

Jika Anda belum pernah berolahraga maraton atau berjalan kaki jarak jauh, maka lakukan setelah pemeriksaan kesehatan dan mendapatkan izin dari dokter Anda. Pada tahap awal jangan berambisi untuk jarak jauh, miliki disiplin untuk memulai dari langkah-langkah kecil. Setelah terbiasa barulah meningkatkan aktivitas sesuai kemampuan daya tahan tubuh Anda. Lakukan dengan gembira dan rasakan kedamaian dari aktivitas yang Anda lakukan. Jadikan jalan kaki dan maraton sebagai hiburan atau waktu untuk bersenang-senang dengan alam dan tubuh Anda.

Mau mengundang Djajendra untuk Narasumber?

Email: admin@djajendra-motivator.com