TIDAK SEMUA ORANG SUKA PERUBAHAN

TIDAK SEMUA ORANG SUKA PERUBAHAN

“Pikiran negatif apa pun yang Anda miliki untuk saya tetap bersamamu. Saya tidak menerimanya.”~ Siddhartha Gautama

Bagi sebagian orang, perubahan adalah musuh yang harus dilawan. Ketika perubahan hadir, mereka menyiapkan segala cara untuk menggagalkan perubahan. Mereka yang tidak suka perubahan akan sangat marah kepada orang-orang yang sedang melakukan perubahan. Mereka berpikir bahwa perubahan sedang mencoba mengambil kenyamanan dan keyakinan mereka. Mereka terganggu oleh perubahan dan merasa perubahan tidak memberikan hal-hal yang lebih baik. Jadi, sangat wajar dalam sebuah proses perubahan muncul orang-orang atau kelompok-kelompok yang anti perubahan. Dalam hal ini, orang-orang yang pro perubahan harus segera memperkuat segala sesuatu, sehingga tidak membiarkan pengaruh dari orang-orang yang anti perubahan menjadi kuat dan menentukan.

Menghadapi orang-orang yang anti perubahan adalah dengan mempertahankan ketenangan dan fokus pada perubahan. Tetaplah tenang dalam kedamaian total di sepanjang percakapan yang melawan perubahan. Tidak perlu memberikan perhatian pada orang-orang yang anti perubahan, tetapi fokus pada waktu dan tenaga untuk memperkuat orang-orang yang pro perubahan. Tetaplah tenang dan tersenyum pada orang-orang yang anti perubahan, jangan sampai kalah dan membiarkan segalanya mundur kembali ke zona nyaman. Perubahan itu pasti dan harus dilanjutkan dengan kekuatan total. Semua keluhan dari orang-orang yang anti perubahan akan berakhir ketika perubahan menjadi semakin kuat dan memperlihatkan hasil yang lebih baik.

Ketika orang-orang pro perubahan semakin tenang dan semakin solid dalam melakukan perubahan, maka orang-orang yang anti perubahan akan kehilangan kekuatan untuk menghalangi perubahan. Perubahan adalah sesuatu yang pasti dan harus didukung dengan segenap tenaga. Apa pun perlawanan yang diberikan oleh orang-orang yang anti perubahan, tidak perlu diterima oleh orang-orang yang pro perubahan. Tugas utama orang-orang yang pro perubahan adalah membangun kekuatan dan pengaruh yang meyakinkan semua pihak bahwa perubahan adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Semua pendapat dan kritik dari orang-orang yang anti perubahan haruslah disikapi dengan bijaksana. Hal-hal yang membantu perubahan harus diterima dengan jiwa besar, sedangkan hal-hal yang mencoba menggagalkan perubahan harus ditolak dengan bijaksana. Dalam perjalanan proses perubahan, pihak yang pro perubahan harus membuktikan kepada pihak yang anti perubahan bahwa perubahan itu harus dilakukan untuk kebaikan semua pihak. Energi penolakan dari orang-orang yang anti perubahan biarlah tetap bersama mereka. Orang-orang yang pro perubahan tidak perlu menerimanya, dan benar-benar fokus pada perubahan yang sedang dilakukan.

Perubahan adalah kebenaran yang harus dapat dipertanggungjawabkan dengan cara kerja yang bijaksana. Tidak boleh ada orang-orang yang menderita dalam perubahan, tetapi perubahan harus memperlihatkan harapan dan masa depan yang lebih indah. Pihak yang pro perubahan harus pintar mengetuk pintu hati nurani orang – orang yang masih belum mengerti tentang perubahan. Perlu tindakan yang merangkul semua pihak untuk membantu kekuatan perubahan. Tampilkan perubahan sebagai sesuatu yang baik sehingga semua orang memiliki kesadaran untuk menerima perubahan. Perubahan membutuhkan kualitas orang-orang yang memiliki batin yang kuat untuk melakukan perubahan. Jika dari dalam sudah sangat kuat untuk melakukan perubahan, maka semua peristiwa penolakan dari lingkungan luar diri tidak akan mampu mempengaruhi kita untuk melakukan perubahan secara konsisten. Kekuatan dari dalam diri adalah jalur yang membantu kita untuk membangun kualitas diri yang kuat dan menghapus semua batasan atas perubahan yang sedang kita lakukan.

Anda punya pertanyaan untuk Djajendra? Silakan tulis ke admin@djajendra-motivator.com dan sebutkan siapa Anda.

Mau mengundang Djajendra untuk Narasumber?

Hubungi: 0812 1318 8899

Email: admin@djajendra-motivator.com