MEMAHAMI DAN MENGENAL DIRI SENDIRI

MEMAHAMI DAN MENGENAL DIRI SENDIRI

“Diri kita adalah ilmu pengetahuan, diri kita adalah sumber kekayaan.”~Djajendra

Diri kita adalah ilmu pengetahuan. Ketika kita tenang, ketika kita sadar, ketika kita mengenal siapa kita; maka, diri kita mampu menghasilkan pengetahuan untuk menjelaskan kehidupan kita, yang tidak dapat dijelaskan oleh pengetahuan dari luar diri kita. Kita adalah pengetahuan itu sendiri. Kita adalah kreativitas. Kita adalah inovasi. Kita adalah energi yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cara kehidupan seperti apa pun yang harus kita hadapi. Rasa haus kita akan pengetahuan yang bersumber dari dalam diri sendiri mampu mendorong kita untuk terus masuk ke kedalaman diri sendiri. Di dalam diri yang paling dalam, suara hati kita yang baik mampu memahami penciptanya sebagai segalanya di dalam hidup. Kesadaran bahwa sang pencipta adalah sumber keberadaan kita akan mendorong kita untuk mengenal diri sendiri secara lebih baik. Setelah kita mengenal diri kita secara baik, barulah kita mampu mengelola diri sendiri secara baik dan bijak.

Ketika kita sudah mengenal diri sendiri, kita sadar bahwa di dalam diri kita ada sangat banyak hal yang harus kita kelola dengan energi positif. Kita harus mengelola memori kita dengan energi positif. Kita harus mengelola logika kita dengan energi positif. Kita harus mengelola emosi kita dengan energi positif. Kita harus mengelola kecerdasan kita dengan energi positif. Kita harus mengelola pikiran kita dengan energi positif. Kita harus mengelola akal sehat kita dengan energi positif. Kita harus mengelola keyakinan kita dengan energi positif. Kita harus mengelola perasaan-perasaan kita dengan energi positif. Kita harus mengelola fisik kita dengan energi positif. Intinya, kita tidak boleh membiarkan setiap alat kehidupan kita ter-papar oleh energi negatif. Sebutir energi negatif di dalam alat-alat kehidupan kita akan membuat kita kehilangan jalan lurus dalam kehidupan.

Semangat untuk mencari tahu tentang siapa diri kita dan apa yang harus kita lakukan di dalam hidup ini adalah dasar untuk menjalankan manajemen diri yang baik. Manajemen diri yang baik diperlukan agar kehidupan kita benar-benar berjalan sesuai kehendak Tuhan. Kita bisa berjalan di jalan kehidupan yang lurus dengan memahami diri sendiri secara baik. Jadi, kita tidak sekedar hidup dalam ilusi duniawi, tetapi mampu menyelam ke kedalaman diri sendiri dan mencari tahu apa saja potensi dan kekayaan yang ada di dasar diri kita. Jika kita sadar dan memahami bahwa kekayaan sejati itu ada di dalam diri kita, maka kehidupan yang indah dan bahagia akan selalu menjadi milik kita. Kita mampu merawat dan mengurus pikiran kita agar tidak tergoda dengan hal-hal di luar diri kita. Manajemen diri yang baik mampu kita jalankan setelah kita menguasai kekayaan sejati yang ada di dalam diri kita sendiri.

Apa yang kita alami perlu kita pahami. Segala sesuatu yang kita alami pada dasarnya untuk kebaikan hidup kita. Tanamkan di dalam diri bahwa apa pun yang Anda alami adalah pengalaman yang mendorong Anda untuk menemukan pengetahuan dari dalam diri sendiri. Karena Anda adalah ilmu pengetahuan, maka Anda tidak boleh bersikap dengan emosi dan pikiran, tetapi Anda harus bersikap dengan kesadaran dan pemahaman dari dalam diri. Setiap pencarian ke dalam diri sendiri bertujuan untuk membuktikan pada diri sendiri bahwa semua persoalan dan tantangan sudah ada solusinya di dalam diri. Karena itu, kita tidak boleh menyalahkan pihak di luar diri kita untuk setiap persoalan atau kesulitan yang kita hadapi. Kita harus yakin dan sadar bahwa hidup kita ini sesungguhnya urusan antara diri kita dengan Tuhan yang menciptakan kita. Jadi, tidak perlu berusaha untuk menemukan hal-hal di luar diri kita untuk dipersalahkan. Pada akhirnya, manajemen diri yang baik harus kita jalankan agar kita selalu fokus dari ke dalaman diri sendiri untuk memberi jawaban bagi kehidupan yang kita hadapi.

Mau mengundang Djajendra untuk Narasumber?

Email: admin@djajendra-motivator.com