INVESTASI DAN RISIKO

INVESTASI DAN RISIKO

“Investasi Dan Risiko Adalah Dua Hal Yang Selalu Hidup Bersama Dan Saling Membutuhkan.” – Djajendra

“Siapa Pun Boleh Menjadi Sangat Pintar Dalam Hal Investasi, Tapi Tidak Ada Seorang Pun Di Dunia Ini Yang Mampu Memperhitungkan Risiko Dengan Tepat.” – Djajendra

Bila ada orang-orang yang mengaku sebagai ahli dibidang investasi dan menjanjikan keuntungan besar dengan investasi tanpa risiko, maka sebaiknya Anda wajib untuk mengambil sikap berhati-hati. Percayalah bahwa tidak ada investasi tanpa risiko, semua investasi memiliki risiko, dan hanya besaran risikonya saja yang berbeda.

Seperti pesan warren buffett, seorang investor terbijak dari Amerika, bahwa risiko datang dari ketidaktahuan akan apa yang Anda lakukan. Oleh karena itu, apa pun investasi yang ingin Anda lakukan, harus Anda pahami secara rinci dan dipelajari secara mendalam, agar Anda bisa memiliki pengetahuan yang benar untuk membuat keputusan yang tepat buat keuntungan Anda.

Sebuah investasi selalu terkait kepada berbagai faktor ekonomi, sosial, dan politik yang mendukung keberadaan investasi tersebut. Artinya, sebelum bertindak dalam investasi yang rumit, Anda sebaiknya memperlengkapi mindset Anda dengan kemampuan yang sesuai dengan tindakan investasi Anda. Jangan pernah menyerahkan kedaulatan berinvestasi Anda ke tangan orang lain. Anda harus menjadi fund manajer atau pun menjadi ahli investasi sebelum melakukan investasi. Bila Anda menyerahkan investasi Anda untuk dikelola oleh orang lain, maka Anda tidak akan lagi memiliki kendali untuk mengatasi risiko-risiko. Hal ini berarti bahwa masa depan investasi Anda tidak berada ditangan Anda, tapi berada pada kemampuan dan niat baik dari orang-orang yang Anda percayakan untuk mengelola investasi Anda.

Ketika Anda memiliki banyak uang, maka orang-orang dengan kompetensi dan pengalaman untuk mengelola uang orang lain, akan hadir ke dalam kehidupan Anda. Biasanya, mereka akan memperlengkapi diri mereka dengan berbagai kepintaran untuk berbicara dan mempengaruhi Anda, agar Anda mempercayai mereka dalam pengelolaan uang Anda yang banyak itu. Mereka juga akan bilang bahwa Anda tinggal duduk manis, dan mereka akan bekerja keras untuk mengalirkan keuntungan ke pundi-pundi Anda. Saran saya, Anda jangan langsung percaya dan berinvestasi, tapi belajarlah semua pengetahuan ekonomi, keuangan, dan investasi yang terkait dengan tawaran mereka. Lalu, pastikan Anda memahami investasi Anda tersebut, termasuk risiko-risikonya dalam kecerahan diri terdalam Anda. Hal terpenting, kendalikan sendiri investasi Anda, jangan pernah menyerahkan kendali kepada siapa pun, apalagi kepada orang-orang yang terlihat sangat pintar dan banyak akal.

Jangan takut kepada risiko, sebab tidak ada investasi yang bebas risiko. Anda harus terjun sendiri dan mengendalikan sendiri semua keputusan dan tindakan atas investasi Anda. Bila ada orang lain datang dan menjanjikan untuk meminimalisir risiko investasi Anda, maka sebaiknya Anda pelajari secara mendalam atas tawaran tersebut. Lalu, buatlah keputusan atas dasar keyakinan dan pengetahuan Anda, bukan atas dasar dan keyakinan orang lain. Orang lain boleh saja menjadi sangat pintar dan luar biasa dalam hal investasi, tapi tidak ada orang di dunia ini dalam bidang apa pun yang mampu memperhitungkan risiko dengan tepat.

Risiko adalah bagian dari diri kita, bagian yang tak terpisahkan dari logika berpikir kita. Seperti kita pahami bahwa setiap orang selalu memiliki logika berpikir dan keyakinannya sendiri atas sebuah tindakan investasi. Pastikan Anda selalu bersikap rasional dan memahami investasi Anda dengan pengetahuan yang mendalam dan tercerahkan. Pahami ide dasar dari sebuah investasi, dan jangan pernah berspekulasi tanpa memiliki kendali atas investasi Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Previous post: