INTEGRITAS DALAM PROFESIONALISME KERJA

INTEGRITAS DALAM PROFESIONALISME KERJA

007“Penegakkan Integritas Akan Menciptakan Gaya Hidup Dan Gaya Kerja Yang Serba Cepat, Efektif, Produktif, Kreatif, Sesuai Harapan Stakeholder Dan Shareholder.” ~ Djajendra

Integritas adalah sebuah nilai yang selalu menjadi dasar untuk menjamin kejujuran nilai-nilai lainnya. Bila integritas pribadi lemah atau bocor dalam karakter pribadi, maka dapat dipastikan nilai-nilai seperti kejujuran, keterbukaan, tanggung jawab, ketekunan, kerajinan, keberaniaan, keterusterangan, kepercayaan, kesetiaan, kearifan, dan profesionalisme, pasti tidak akan berfungsi seperti seharusnya.

Integritas merupakan awal dari sebuah janji dan komitmen dalam membangun bisnis dan pelayanan kepada stakeholder. Bila sebuah perusahaan gagal menegakkan integritas sebagai pilar terpenting diperusahaannya, maka janganlah pernah berharap semua pimpinan dan karyawan akan mampu menjalankan perusahaan secara profesional, bersama nilai-nilai yang menjamin keberlanjutan perusahaan di segala situasi.

Penegakkan integritas sifatnya mutlak dalam semua operasional perusahaan. Tidak boleh ada ketidakpercayaan pada kandungan maksud baik integritas. Paling tidak perusahaan harus menegakkan integritas keuangan, integritas moral, integritas intelektual, integritas aturan dan etika, integritas bisnis perusahaan, integritas pelayanan, dan integritas kualitas, ke dalam integritas pribadi setiap orang di tempat kerja.

Tanggung jawab perusahaan kepada para stakeholdernya hanya dapat diperoleh, saat perusahaan fokus dan intensif dalam menegakkan integritas di semua aspek kerja dengan sepenuh hati. Keraguan atau kepura-puraan perusahaan dalam menjalankan integritas, hanya  akan menggerogoti semua aspek dasar dalam manajemen, dan hanya akan merusak semua basis nilai yang ada dalam manajemen.

Integritas selalu menjadi hal terpenting dalam mengembangkan kemampuan perusahaan, untuk menciptakan kehidupan yang harmonis dan seimbang di tempat kerja. Saat integritas berdiri kokoh di tempat kerja, saat itu bahagia dan damai akan menjadi dasar dalam etos kerja perusahaan.

Integritas yang kokoh akan membantu nilai-nilai lain diperusahaan, dan pada akhirnya akan memberikan keunggulan dalam membangun standar sikap, etika dan perilaku. Penegakkan integritas akan menciptakan gaya hidup dan gaya kerja yang serba cepat, efektif, produktif, kreatif, sesuai harapan stakeholder dan shareholder.

Integritas sebagai prinsip yang mengintegrasikan perusahaan dengan semua stakeholdernya dalam perilaku bisnis yang saling membutuhkan. Di sini, perusahaan harus mengedukasi setiap stakeholdernya melalui contoh dan keteladanan dalam implementasi integritas. Jadi, integritas tidak boleh hanya menjadi sebatas slogan yang sering diucapkan dan sering ditampilkan di setiap sudut kehidupan perusahaan. Tapi, harus menjadi sebuah perilaku yang terlihat dan dirasakan akan kehadiran integritas itu sendiri di dalam kehidupan kerja perusahaan.

Buat setiap individu di tempat kerja harus dipahami bahwa integritas merupakan produk dari pertumbuhan spiritual dari masing-masing individu. Di mana, pertumbuhan spiritual untuk menjamin nilai kejujuran, tanggung jawab, keterbukaan, kesetiaan, keikhlasan, ketulusan, rasa syukur, kerajinan, ketekunan, keberanian, kemauan, dan nilai-nilai moral lainnya yang etis, untuk memperkuat sistem, prosedur, kebijakan, dan peraturan perusahaan.

Jika integritas dilalaikan oleh setiap pihak kepentingan di perusahaan, maka keadaan ini akan mengurangi kejujuran moral di tempat kerja. Dampaknya, setiap kepentingan yang kuat dan berkuasa akan memelintir setiap hal, agar sesuai dengan keuntungan diri sendiri.

Setiap kebohongan terhadap integritas hanya akan memberikan manfaat jangka pendek buat orang-orang yang memelintir integritas buat keuntungan mereka. Tapi, kebohongan atau penyimpangan dari jalan yang lurus integritas ini akan menyebabkan kegagalan jangka panjang. Hal ini telah banyak terjadi di dunia korporasi, dan biasanya penyesalan akan datang setelah pihak – pihak yang memelintir integritas terjebak dalam kesulitan yang serius.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com